Selasa, 15 Februari 2011

TUGAS 1


Definisi Sistem Ekonomi menurut pandangan para ahli :
Ø  Menurut Drs.Wahyu Hidayat R.M.M yang berprofesi sebagai dosen, Sistem Ekonomi adalah mencakup keseluruhan prosesdan kegiatan masyarakat dalam usaha memenuhi kebutuhan hidup atau mencapai suatu kemakmuran.
Ø  Menurut Gregory Grossman (1984), Sistem Ekonomi adalah sekumpulan komponen-komponen atau unsur-unsur yang terdiri atas unit-unit dan agen-agen ekonomi serta lembaga-lembaga atau institusi-institusi ekonomi yang bukan saja saling berhubungan dan berinteraksi melainkan juga saling menopang dan mempengaruhi hingga ke tingkat tertentu.
Ø  Menurut Dumairy (1966), Sistem Ekonomi adalah suatu sistem yang mengatur serta menjalin hubungan ekonomi antara manusia dengan seperangkat kelembagaan  dalam suatu tatanan kehidupan, selanjutnya dikatakan pula bahwa system ekonomi tidaklah harus berdiri sendiri, tetapi berkaitan dengan filsafat pandangan dan pola hidup masyarakat.
Macam-macam Sistem Perekonomian :
1.      Sistem Perekonomian Kapitalisme, yaitu sistem ekonomi yang memberikan kebebasan penuh kepada setiap orang untuk menjual barang dan sebagainya. Dalam sistem perekonomian kapitalis, semua orang bebas bersaing dalam bisnis untuk memperoleh laba yang sebesar-besarnya.
2.      Sistem Perekonomian Sosialisme, yaitu sistem yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah.
3.      Sistem Perekonomian Komunisme, yaitu sistem ekonomi dimana peran pemerintah sebagai pengatur sumber-sumber perekonomian. Setiap orang tidak boleh memiliki kekayaan pribadi, sehingga nasib seseorang bisa ditentukan oleh pemerintah. Semua unit bisnis mulai dari yang kecil hingga yang besar dimiliki oleh pemerintah dengan tujuan Pemerataan Ekonomi dan Kebersamaan.
4.      Sistem Perekonomian Merkantilisme, yaitu sistem politik ekonomi yang sangat mementingkan perdagangan internasional dengan tujuan memperbanyak aset dan modal yang dimiliki Negara.
5.      Sistem Perekonomian Fasisme, yaitu paham yang mengedepankan bangsa sendiri dan memandang rendah bangsa lain. Dengan kata lain, fasisme merupakan sikap rasionalisme yang berlebihan.

sumber : (google.com) 11.34 am

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates