Rabu, 13 Februari 2013

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mencoba mobil listrik buatan Dasep Ahmadi di kantornya sore ini. Setelah mencoba mobil tersebut, apa komentar Hatta?

"Saya ini orang enginering, jadi saya tahu mobil yang bagus bagaimana, mobil ini bagus, suspensinya sangat bagus, sangat stabil, tidak kalah dengan mobil lainnya," kata Hatta di kantornya usai memimpin Rapat Koordinasi Mobil Listrik, Rabu (9/1/2013).

Hatta mencoba memutar keliling satu putaran di depan halaman kantornya. Bahkan Hatta sempat tancap gas mencoba kecepatan dan kehandalan mobil yang berseri G 5.0 E-CAR Ahmadi. Hatta didampingi langsung oleh Dasep Ahmadi dan Direktur Utama PLN, Nur Pamudji.

Sebelumnya, Menteri BUMN Dahlan Iskan juga sempat menjajal mobil listrik buatan Dasep Ahmadi tersebut. Dahlan Iskan untuk pertama kali mengendarainya pada Juli 2012. Mobil listrik bikinan insinyur Dasep Ahmadi ini melaju dari Depok, Jawa Barat, menuju Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jalan Thamrin, Jakarta.

Hatta sendiri ketika pertama kali melihat mobil ini sudah langsung tertarik dan hendak membelinya.

"Itu mobil listriknya? Saya pesan satu," cetus Hatta kepada Dasep sang pembuat mobil listrik.

Menurut Hatta, mobil listrik banyak manfaatnya, selain ramah lingkungan, pengunaannya pun sangat mudah. "Mobil listrik banyak manfaatnya, kami dukung," tukas Hatta.

Sementara dikatakan Dasep, mobil listrik jauh lebih banyak manfaatnya, salah satu ketika jalan turunan, misal dari puncak, mobil jangan selalu direm.

"Karena ketika turunan, mobil listrik otomatis akan mencharger sendiri (atau otomatis mengisi baterai sendiri) dan pastinya irit kampas rem," tandas Dasep.

Sebelumnya, Dasep mengatakan, saat ini harga 1 unit mobil listrik tersebut di bawah Rp 200 juta. Diharapkan, ke depannya pemerintah bisa memberikan insentif sehingga menekan harga mobil tersebut.

Menteri BUMN Dahlan Iskan juga sebelumnya telah membeli mobil listrik buatan Dasep ini. Bahkan Dahlan seringkali terlihat membawa sendiri mobil listrik berwarna hijau tersebut dalam beberapa kali kesempatan.

Hatta: KTT APEC di Bali Semuanya Pakai Mobil dan Bus Listrik

Pemerintah serius mendukung gerakan energi dan ekonomi ramah lingkungan (green energy & blue economy). Salah satunya dengan menargetkan penggunaan kendaraan berbahan bakar listrik pada pertemuan Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) di Bali.

"Target kami (pemerintah) pada APEC nanti di Bali, semua kendaraan operasionalnya nanti semuanya menggunakan mobil dan bus listrik," kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu (9/1/2013).

Kebijakan penggunaan kendaraan listrik ini nantinya untuk menunjukkan pada dunia, Indonesia mendukung gerakan ramah lingkungan. "Ini akan menunjukkan kepada dunia Indonesia mendukung green energy dan blue economy," ucap Hatta.

Jadi nanti, kata Hatta, tidak hanya mobil, tapi bus listrik juga akan dipakai pada pertemuan APEC di Nusa Dua, Bali pada November nanti. "Ada bus listriknya juga," ungkap Hatta.

Tetapi, tidak semua kendaraan di APEC nanti pakai listrik, tetapi ada juga yang masih menggunakan bahan bakar fosil (BBM), khusus mobil kepala negara yang dibawa dari negaranya masing-masing.

"Tapi terkecuali untuk mobil kepala negara yang dibawa dari daerahnya masing-masing," cetus Hatta.

Sumber : http://oto.detik.com/read/2013/01/09/181128/2137652/1207/jajal-mobil-listrik-evina-hatta-jatuh-cinta?ot1207

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates