Rabu, 03 November 2010

TUGAS 6

1. Jelaskan dengan singkat, sifat produksi yang saudara ketahui, maksimal 4 !

jawab : 
  1. Produksi bersifat musiman. Karena bersifat musiman, maka hasil produksi akan diperoleh pada waktu-waktu tertentu sesuai dengan umur produk yang bersangkutan.
  2. Produksi bersifat terpencar. Maksudnya tempat atau lokasi suatu produksi tidak selalu tetap.
  3. Produksi bersifat tetap ialah yang dimana prosesnya selalu menghasilkan produk yang baik.
  4. Produksi bersifat repetitif (berulang) dimana kita memiliki kesempatan dan memperbaiki kesalahan-kesalahan seperti bahan dari suatu produk, dsb pada produksi selanjutnya.

2. Jelaskan secara singkat pengertian produksi secara umum dan secara ekonomi !
jawab : Secara umum pengertian produksi adalah suatu kegiatan atau proses yang mentranformasikan masukan (input) menjadi keluaran (output). Sedangkan secara ekonomi, produksi diartikan sebagai proses menghasilkan atau menambah nilai guna suatu barang atau jasa dengan menggunakan sumber daya yang ada serta ditujukan utuk keperluan orang banyak.

3. Dalam bidang produksi mempunyai 5 tanggung jawab keputusan utama. Sebutkan dan jelaskan !
jawab :
  1. Proses--------->> Keputusan-keputusan menentukan proses fisik atau fasilitas yang dipakai untuk memproduksi barang atau jasa.
  2. Kapasitas------>> Keputusan dimaksudkan untuk menentukan besarnya kapasitas dan penyediaan pada waktu yang tepat.
  3. Persediaan---->> Keputusan ini dibuat karena menyangkut apa yang dipesan, berapa banyak pemesanan serta kapan pemesanan dilakukan.
  4. Tenaga kerja-->> Penentuan dan pengelolaan tenaga kerja atau sumber daya manusia menempati posisi yang sangat penting. Keputusan ini mencakup seleksi penggajian, pelatihan, penempatan dan supervise.
  5. Mutu/kualitas--->> Ditandai dengan penekanan tanggung jawab yang lebih besar terhadap mutu/kualitas suatu barang atau jasa yang dihasilkan.

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates