Jumat, 07 Oktober 2011

EKONOMI KOPERASI

KOPERASI PUSAT BISNIS & KEWIRAUSAHAAN
UNIVERSITAS GUNADARMA

LATAR BELAKANG

Pusat Bisnis & Kewirausahaan Universitas Gunadarma adalah salah satu unit lembaga pengembangan kemahasiswaan yang didirikan & dikembangkan oleh Diploma Tiga Bisni & Kewirausahaan Univeritas Gunadarma pada pertengahan Februari 2008.
Latar belakang berdirinya unit Pusat Bisnis & Kewirausahaan di lingkungan Universitas Gunadarma adalah untuk mengembangkan kreatifitas & kemampuan mahasiwa dalam hal-hal diluar poteni akademik serta mengembangkan potensi jiwa kewirausahaan, sehingga diharapkan akan menciptakan lulusan-lulusan yang mampu bersaing dalam menghadapi persaingan pasar bebas & menciptakan berbagai bursa lapangan kerja yang pada akhirnya akan membantu program pemerintah dalam penciptaan lapangan kerja baru.
Universita Gunadarma sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang memiliki tugas membentuk generasi penerus yang berintelektual tinggi & berwawasan teknologi informasi & komunikasi (TIK) mengharapkan unit lembaga Pusat Bisnis & Kewirausahaan diharapkan dapat menciptakan pribadi wirausahaan yang berintelektual tinggi & berwawasan teknologi informasi & komunikasi (TIK).
Dengan demikian, para wirausahaan tersebut mampu mengembangkan unit-unit usaha yang memanfaatkan teknologi informai & komunikasi yang dapat bersaing di pasar domestic maupun pasar global.

            VISI:
Mewujudkan lembaga usaha mandiri yang berintelektual dan berwawasan teknologi informasi & komunikasi (TIK).
MISI:
1.      Pusat Bisnis & Kewirausahaan lembaga yang selalu berkarya & mandiri
2.      Mengembangkan & memanfaatkan teknologi informasi & komunikasi (TIK).


Pusat Bisnis & Kewirausahaan Universitas Gunadarma telah berhasi mengembangkan beberapa unit usah diantaranya:
1.Galery Display Tampilan Produk Karya Mahasiswa
            Galery Display Produk Karya Mahasiswa merupakan sarana display berbagai produk hasil karya mahasiswa Universitas Gunadarma, sehingga dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih berkreasi & mengembangkan potensi kemampuan “softskill” yang dimilikinya dibidang wirausaha.
Galery menyediakan kebutuhan mahasiswa, doen & karyawan, mulai dari ATK khas Gunadarma, aksesoris computer, pulsa telepon seluler, aksesoris khas Gunadrama, kosmetik, pakean & produk industry kreatif lainnya.

2.      Industry Kreatif & Souvenir
Unit Kerja yang menjadi sarana penunjang untuk pengembangan kreatifitas & inovasi para Civitas Akademika Universitas Gunadarma dengan belajar membuat & mengolah produk-produk inovatif yang bernilai ekonomi & bernilai seni, sehingga dapat menjadi produk-produk unggulan yang beraing.
Unit Kerja Industry Kreatif & Souvenir Pusat Bisnis & Kewirausahaan dapat memproduksi sendiri beraneka macam souvenir hasil inovasi & kreatifitas Civitas Akademika Universitas Gunadarma, diantaranya mug souvenir, pin & produk souvenir lainnya.
Unit Kerja Industry Kreatif & Souvenir Pusat Bisnis & Kewirausahaan juga dapat menerima pesanan pin (ukuran kecil & besar), gantungan kunci, kaos sablon, tas sablon, mug digital printing, cetak photo digital, cetak kartu nama, cetak ID-Card, cetak spanduk, dll.

3.      Program Perguliran Dana (Untuk Mahasiswa)
Merupakan salah satu kegiatan pemberian pinjaman modal kerja yang diberikan kepada seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma sebagai langkah awal untuk mendorong munculnya jiwa bisnis & berwirausaha yang terdapat dalam diri mahasiswa dengan memanfaatkannnya dalam bentuk berbagai macam usaha kecil yang kreatif & inovatif.

4.      Konsultasi Bisnis
Yang terbuka bagi para penerima modal pinjaman modal kerja dalam bentuk Kegiatan perguliran dana pada khususnya, serta kepada seluruh Civitas Akademika Universitas Gunadarma & masyarakat pada umumnya yang ingin maupun yang sedang melakukan kegiatan usaha.

STRUKTUR ORGANISASI

Dewan Pembina                      : Dr. Aris Budi Setiawan (Dosen D3 Bisnis Manajemen)
Ketua                                      : Bpk. Miftah Ardiansyah SSI, MMSI
Wakil Ketua                            : Bpk. Roswan Budi Utomo SE, MM
Penanggung Jawab Harian      : Ibu Lasminiasih SE, MM
Kepala Bidang                                   
1.      Keuangan                    : Ibu Lasminiasih SE, MM
2.      Marketing                    : Bpk. Yananto Mihadi SE, MM
3.      Kepala Produki           : Bpk. Yananto Mihadi SE, MM
4.      Kepala SDM               : Ibu Mulatsih SE, MM
5.      Dan macam-macam asisten

Modal awal Koperasi Pusat Bisnis & Kewirausahaan Universitas Gunadarma kurang lebih Rp. 20.000.000-, yang mendapat surat izin rector Univeritas Gunadarma.



Nama Anggota Kelompok :
1. Cinthia Febriani      (21210595)
2. Fathia Nafira Fariz (29210128)
3. Sarah Nadia            (28210925)
4. Susilona Agustina    (26210757) 



           







0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates